Senin, 29 Juli 2024

TUGAS B.INGGRIS TUGAS 2

 Dialog Bahasa Inggris 

  ''Perjalanan membeli buku percakapan dalam Bus Membeli Buku''

 

Sinta : Hay

Lindah : Hello

Sinta : good morning, what's your name?

Lindah : morning too lindah , your name

Sinta : Sinta 

Lindah : where are you going?

Sinta : I want to buy a book from the library 

Sinta : If you,Want to where?

Lindah : I want to go to school 

Sinta : where is the school?

Lindah : SMAN 1 SAGULING 

Sinta : what person are you?

Lindah : bandung, Where are you from?

Sinta : Bandung

Rabu, 12 Juni 2024

Vertikal Garden

Apa Itu Vertikal Garden 

Sesuai dengan namanya, vertical garden adalah tanaman yang disusun berbentuk vertikal untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Dengan demikian, vertical garden mampu menciptakan iklim mikro yang spesifik di sekitarnya.

Definisi ini menurut jurnal Vertical Garden: Penghijauan untuk Mendukung Smart Living Kota Yogyakarta karya Aviana Vety Jayanti, Eko Priyo Purnomo, dkk.

Di daerah perkotaan dengan lahan yang semakin sempit, vertical garden menjadi kebutuhan yang penting. Beberapa manfaat taman vertikal ini adalah sebagai berikut.

  1. Menciptakan ruang hijau meskipun di area yang terbatas.
  2. Menciptakan lingkungan yang lebih indah dan alami.
  3. Mengurangi panas dari polusi udara.
  4. Meningkatkan kadar oksigen.
  5. Membantu memadamkan  kebisingan kota                     
Kelebihan dan Kekurangan Vertical Garden
Vertical garden memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan vertical garden.

Kelebihan Vertical Garden
Dilansir dari e-paper Vertical garden yang diunggah Windi Mulyani melalui laman Academia, berikut beberapa kelebihan dari vertical garden.

1. Mengurangi Global Warming
Salah satu kelebihan vertical garden adalah untuk mengurangi pemanasan global.

Penyerapan radiasi sinar matahari oleh bangunan membuat suhu di dalam gedung jadi lebih tinggi. Taman vertikal membantu ruangan tetap sejuk dan hijau.

2. Sebagai Filter Udara
Dengan memasang vertical garden di dinding di luar bangunan, maka udara yang masuk akan disaring terlebih dahulu. Dengan demikian, udara di dalam ruangan akan tetap terjaga kebersihannya.

3. Sebagai Tempat Tumbuhnya Tanaman
Keterbatasan lahan di daerah perkotaan membuat kita sering kali kesulitan ketika hendak menanam tanaman.

Dengan adanya vertical garden, sejatinya kita tengah menyediakan lahan untuk berkembang biaknya berbagai jenis tanaman.

Tanaman pada vertical garden biasanya tidak terlalu membutuhkan tanah. Kebanyakan lebih membutuhkan air, mineral, cahaya matahari, dan karbondioksida untuk bertahan.

4. Perawatan Lebih Mudah
Untuk kamu yang ingin merawat tanaman tapi merasa tidak punya cukup waktu, vertical garden ini bisa jadi jawabannya. Perawatan tanaman vertical garden lebih mudah dibandingkan tanaman konvensional lho.

5. Estetika
Vertical garden dapat menambah kesan artistik dan estetika ketika diletakkan di suatu ruangan.

Untuk itu, mungkin kamu sering melihat vertical garden di banyak tempat seperti di hotel, restoran, kantor, showroom, dan lain-lain.

Kekurangan Vertical Garden
Selain kelebihan, vertical garden juga memiliki kekurangannya sendiri. Berikut beberapa kekurangan dari vertical garden.

1. Biayanya Tinggi
Biaya untuk bisa membuat vertical garden tidaklah murah. Beberapa komponen yang dibutuhkannya harus diimpor dari luar negeri karena tidak tersedia di Indonesia.

Untuk alasan inilah, vertical garden masih cukup jarang terlihat di tempat-tempat umum di Indonesia.

2. Kurang Kesadaran
Masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak kenal dengan konsep vertical garden. Hal ini membuat konsep taman vertikal ini jarang diterapkan di Indonesia.

Padahal, vertical garden dapat menjawab permasalahan akan kebutuhan ruang hijau di area yang terbatas.

Jumat, 07 Juni 2024

Langkah Ke 1

 Laporan penanaman salada bokor

Langkah² menanam salada bokor

1.Diskusi kelompok

2.ngumpulin botol plastik

3.potong botol menjadi 2 bagian

4.beri lubang pada tutup botol

5.potong²sesuai lubang pada tutup botol

6.mulai menyemai

7.siapkan bahan buat menyemai nya

8.diamkan sampai jadi

9.siram supaya cepat tumbuh

10.Campurkan pupuk ketanah aduk sampai rata

11.masukan kedalam botol

12.lalu pindahkan benih yang sudah jadi kedalam botol

13.siram supaya seger

14.tempelkan botol dikayu pake paku

15.cet didingnya supaya bagus

16.diamkan selada bokor sampai siap di panen


Siram supaya tidak mati 

Nama:Lindah saharani 

Kls:XE

Sabtu, 18 Mei 2024

Mari menjaga lingkungan sekolah

membersihkan Lahan projek
 
Membersihkan halaman sekolah 


Nama:Lindah saharani
Kelas:XE
Kelompok:2

Rabu, 31 Januari 2024

OJK

 Nama:Lindah saharani

Kelas:X-E

Mapell:Ekonomi


PENGERTIAN OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga independen dan bebas campur tangan pihak lain yang memiliki fungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. Sektor jasa keuangan di bawah OJK mencakup kegiatan di sektor perbankan, pasar modal, perasuransian, dana pensiun, lembaga pembiayaan, dan lembaga jasa keuangan lainnya.


Berkaitan dengan reksa dana, OJK mengawasi dan memberikan izin atau lisensi bagi manajer investasi, produk reksa dana dan agen penjualnya. OJK juga memberikan perlindungan dan edukasi bagi investor ataupun masyarakat luas terkait layanan jasa keuangan.



STRUKTUR ORGANISASI OJK

Otoritas Jasa Keuangan memiliki dua struktur, yakni Dewan Komisioner dan Pelaksana Kegiatan Operasional.

Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan terdiri dari:


1.Ketua merangkap anggota.

2.Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik merangkap anggota.

3.Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota.

4.Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota.

5.Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap anggota.

6.Ketua Dewan Audit merangkap anggota.

7.Anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

8.Anggota ex-officio dari Bank Indonesia yang merupakan anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia.

9.Anggota ex-officio dari Kementerian Keuangan yang merupakan pejabat setingkat Eselon I Kementerian Keuangan.


TUGAS OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB.


ASAS ASAS OJK MENJALANKAN KEGIATAN


1.Asas independensi

Asas ini memperlihatkan bahwa tidak ada campur tangan dari keputusan yang diambil oleh OJK. Keputusan OJK diambil secara independen dengan tetap sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.


2. Asas kepastian hukum

Di bawah negara hukum, OJK jelas mengutamakan landasan perundang-undangan dan keadilan dalam setiap dalam setiap kebijakan penyelenggaraannya.


3. Asas kepentingan umum

OJK selalu membela dan melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat serta memajukan kesejahteraan umum.


Baca Juga: Apa Saja Manfaat Asuransi untuk Kehidupan Kita?

4. Asas keterbukaan

OJK membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur dan tidak diskriminatif tentang penyelenggaraan OJK.


Dalam artian, tidak ada yang ditutupi dari OJK kepada masyarakat umum. Namun, OJK tetap memperhatikan perlindungan atas hak asasi pribadi dan golongan, serta rahasia negara.


5. Asas profesionalitas

Sudah tidak diragukan lagi, OJK tentu profesional dalam segi apapun.


OJK mengutamakan keahlian dalam pelaksanaan tugas dan wewenang dengan tetap berlandaskan pada kode etik dan ketentuan peraturan perundang-undangan.


6. Asas integritas

OJK adalah lembaga dengan integritas yang tinggi, sehingga mereka berpegang teguh pada nilai-nilai moral dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil dalam penyelenggaraan Otoritas Jasa Keuangan.


7. Asas akuntabilitas

Asas yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dari setiap kegiatan penyelenggaraan Otoritas Jasa Keuangan harus dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.


Dengan kata lain, OJK adalah lembaga yang selalu transparan terhadap kegiatan yang dilakukan. 


FUNGSI DAN WEWENANG OJK


OJK memiliki kewenangan untuk menyusun dan mengeluarkan regulasi dalam rangka mengatur seluruh sektor keuangan. Wewenang OJK ini memungkinkan mereka untuk merumuskan dan mengeluarkan peraturan-peraturan yang mengatur berbagai aspek kegiatan di sektor jasa keuangan.

Rabu, 06 Desember 2023

Laporan 2

 Pendahuluan


Sekarang banyak keluhan dari siswa terhadap cara guru mengajar. Banyak siswa yang sudah tidak mengacuhkan lagi dengan kegiatan pembelajaran di kelas. Mereka lebih asyik dengan urusannya sendiri ketika guru mengajar di kelas. Misalnnya, dengan bermain HP, bercerita sendiri dengan temannya, atau bahkan ada yang tidur.


Fenomena tersebut perlu disikapi dengan arif oleh guru. Mungkin selama ini cara mengajar guru masih cenderung konvensional, yakni ceramah dan penugasan. Hal ini tentu membuat siswa jenuh dan berdampak buruk terhadap prestasi belajar siswa. Untuk itu, perlu ada solusi alternatif yang dapat meringankan tugas guru dan sekaligus membuat siswa senang dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu solusi itu adalah dengan memanfaatkan internet (blog) sebagai media pembelajaran alternatif.


Perkembangan internet yang sangat pesat, dapat dimanfaatkan untuk menunjang peningkatan prestasi belajar siswa yaitu belajar melalui media alternatif Blog. Blog atau web pribadi dapat menyimpan materi-materi atau bahan ajar yang relevan dengan bidang kita. Guru dapat membuat blog dan mengisinya dengan berbagai informasi yang bersentuhan dengan kegiatan pembelajaran. Beberapa informasi yang dapat diunggah di antaranya kisi-kisi materi pembelajaran, kisi-kisi soal ulangan, materi pelajaran, tugas siswa, dan lain-lain. Dengan kata lain, blog ini dapat dijadikan media pembelajaran alternatif.


Media pembelajaran melalui blog memiliki banyak keuntungan. Misalnya, siswa dapat belajar materi lebih lengkap, waktu yang lebih lama, dan tentunya suasana yang lebih menyenangkan. Siswa dapat belajar di mana pun dan kapan pun, yang tentunya berbeda dengan pembelajaran konvensional selama ini berupa tatap muka di kelas.




Perumusan Masalah


Rumusan masalah yang dapat dikemukakan dalam tulisan ini berdasarkan latar belakang tersebut adalah sebagai berikut.


Bagaimanakah cara menjadikan blog sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah?

Apakah blog efektif sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah?”



Manfaat


a. Bagi Siswa


meningkatkan motivasi belajar

menyediakan sumber belajar alternatif

 meningkatkan semangat dalam komunikasi ilmiah yang bebas dan terarah

b. Bagi Guru


meningkatkan motivasi guru untuk selalu berupaya menemukan dan menggali media alternatif pembelajaran yang efektif.

meningkatkan gairah guru dalam menciptakan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan.

meningkatkan kreativitas guru dalam mencapai pembelajaran yang berkualitas.

meningkatkan profesionalisme guru melalui upaya penelitian yang dilakukan.

c. Bagi Sekolah


meningkatkan kinerja sekolah melalui optimalisasi kinerja guru

mewujudkan pembelajaran efektif di sekolah


Pembahasan


Untuk menjadikan blog sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah perlu ditempuh langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, guru haruslah memiliki blog terlebih dahulu. Setelah itu, guru bisa mengisi blog dengan berbagai tulisan materi pembelajaran dan menamainnya atau memberi label di blog. Untuk guru bahasa Indonesia kelas X, misalnya dengan label teks anekdot, teks eksposisi, teks laporan hasil observasi, teks prosedur, tugas, remidi, dan sebagainya sesuai kebutuhan. Langkah kedua, mengajak siswa untuk membuat blog. Apabila siswa sudah memiliki blog, guru tinggal memberdayakan guna keperluan pembelajaran. Guru dituntut aktif membangkitkan siswa mau mengisi blognya. Untuk tahap awal, biarlah siswa mengisi blognya dengan tulisan apa saja yang siswa senangi. Blog siswa yang sudah ada ini harus didata oleh guru untuk keperluan pengecekan dan penilaian. Ketiga, setelah siswa terbiasa dengan blog, guru mulai menugasi siswa sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan. Misalnya, materi teks anekdot. Guru terlebih dahulu sudah menulis teks anekdot di blog guru. Ini perlu dilakukan untuk memotivasi siswa bahwa gurunya tidak sekadar memerintah. Guru memang harus berani tampil sebagai contoh. Setelah itu, guru menugasi siswa untuk menulis teks anekdot di blog siswa. Guru bisa menugasi siswa lain untuk saling memberikan komentar di blog siswa. Bisa juga guru langsung memberikan komentar di blog siswa. Hal ini tentu sangat bergantung kepada keperluannya. Tahap keempat, penilaian tugas siswa di blog. Penilaian karya siswa di blog dapat dilakukan guru sesuai dengan tugas pembelajaran yang diberikan. Di sini guru tinggal membuka blog siswa sesuai dengan data blog siswa yang dipunyainya. Guru akan lebih diuntungkan karena tidak dibatasi ruang dan waktu. Hal itu dapat dilakukan kapan dan di mana saja.



Penutupan


Simpulan Saran


Cara menggunakan blog sebagai media pembelajaran alternatif meliputi beberapa tahap.

Media blog efektif digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah karena dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa.


Beberapa saran yang dapat penulis kemukakan adalah sebagai berikut.


Guru hendak berani menggunakan berbagai metode dalam pembelajaran agar siswa tertarik dan meningkat prestasinya.

Guru perlu meminimalisasi kekurangan media blog sebagai media pembelajaran alternatif.

Tugas kelompok

Projek P5 Kelompok 1



Ketua Kelompok : 1. Ujang Acep Komara

Anggota Kelompok : 2. Hendi Samsudin

                                    3. Aditia

                                    4. Selpi Salsa Novita

                                    5. Kodariah Indira Putri Alviani

                                    6. Zikra Resmytha Khaerani

                                    7. Rafi Mulyani Sabili

                                    8. Silpia Julianti

                                    9. Amelia Putri

                                  10. Lindah Saharani


Abstrak


Jawa Barat memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan unik. Namun, beberapa kuliner khas Jawa Barat kini mulai langka. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain perubahan selera masyarakat, kurangnya pengetahuan generasi muda, dan sulitnya mendapatkan bahan baku.


Tujuan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan kuliner khas Jawa Barat dan untuk mengimplementasikan upaya pelestarian kuliner khas Jawa Barat melalui kegiatan bazar.


Metode

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada penjual kuliner khas Jawa Barat dan masyarakat umum. Observasi dilakukan di beberapa tempat yang menjual kuliner khas Jawa Barat.



Sumber

Sumber data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

  • Wawancara dan Observasi
  • Artikel

Implementasi Mengikuti Bazar

Untuk mengimplementasikan upaya pelestarian kuliner khas Jawa Barat, peneliti mengikuti kegiatan bazar kuliner khas Jawa Barat yang diselenggarakan oleh sekolah. Peneliti berjualan kuliner khas Jawa Barat di bazar tersebut.


Hasil Finansial Berdasarkan Mengkuti Bazar

Berdasarkan hasil penjulan di bazar penelitian memperoleh keuntungan sebesar Rp.45.000. Keuntungan tersebut diperoleh dari penjualan 30 buah dadar gulung.


Penutup

Kegiatan bazar kuliner khas Jawa Barat merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan kuliner khas Jawa Barat. Selain itu, perlu dilakukan upaya-upaya lain, seperti sosialisasi dan promosi melalui media sosial, dan kegiatan-kegiatan budaya.


Kesimpulan

Implementasi mengikuti bazar merupakan upaya yang efektif untuk melestarikan kuliner khas Jawa Barat. Selain dapat memperkenalkan kuliner khas Jawa Barat kepada masyarakat luas, upaya ini juga dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap kuliner khas Jawa Barat dan menghasilkan keuntungan bagi penjual.


Saran

Kegiatan bazar kuliner khas Jawa Barat perlu dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Selain itu, perlu dilakukan upaya-upaya lain, seperti sosialisasi dan promosi melalui media massa, media sosial, dan kegiatan-kegiatan budaya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian kuliner khas Jawa Barat.


Berikut adalah beberapa saran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas implementasi mengikuti bazar:

  • Menyelenggarakan bazar di tempat yang ramai pengunjung.
  • Membuat stand bazar yang menarik.
  • Menyediakan berbagai macam kuliner khas Jawa Barat.
  • Melakukan promosi tentang bazar kuliner khas Jawa Barat.

Dengan melakukan upaya-upaya tersebut, diharapkan kegiatan bazar kuliner khas Jawa Barat dapat lebih efektif dalam melestarikan kuliner khas Jawa Barat.



Tugas Petemuan Ke 4 

Refleksi 

Projek pertama :

Projek pertama kelompok 1 membuat lumpia basah, 

dadar gulung, dan es dawet.

Kendala :

  • Memilih tema makanan
  • Kurangnya bahan baku
  • Gagal saat praktek 
  • Pembelinya rusuh

Keberhasilan : 

  • Mendapatkan keuntungan
  • Semua makanan laku 

Rencana kedepannya:

  • Mendapatkan keuntungan yang besar
  • Memperbanyak Bahan baku
  • Penjaga stand lebih ketat
  • Pesanana dicatat
  • Membagi tugas/menjalankan tugas dengan baik


TUGAS B.INGGRIS TUGAS 2

 Dialog Bahasa Inggris    ''Perjalanan membeli buku percakapan dalam Bus Membeli Buku''   Sinta : Hay Lindah : Hello Sint...